Templates by BIGtheme NET
Rumah » Event » Desa Malon Dinobatkan sebagai Desa Damai Pertama di Indonesia
img_20170907_202319

Desa Malon Dinobatkan sebagai Desa Damai Pertama di Indonesia

img_20170907_202319Desa Malon yang berada di Kelurahan Gunungpati, Kecamatan Gunungpati Kota Semarang patut berbangga. Pasalnya telah dinobatkan menjadi Desa Damai Anti Radikalisme dan Terorisme pertama   di Indonesia.

Desa Damai dibentuk, sebagai pesan perdamaian warga Malon untuk desa-desa lain yang ada di Jawa Tengah untuk menolak paham radikalisme dan terorisme,
Desa Malon dipilih bukan hanya karena statusnya sebagai Kampung Wisata, tetapi warga desa  tersebut sangat terbuka, harmonis dalam mencintai kesatuan dan kebhinekaan. Selain itu toleransi dan kerukunan terlihat jelas  jika kita berkunjung di Desa Malon

Penobatan ini merupakan prakarsa dari Duta Damai BNPT Semarang dan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Alternatif Universitas Negeri Semarang, dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Tengah.

Selain penobatan Desa Damai, juga digelar kegiatan   sosialisasi sadar hukum bagi masyarakat  setempat. Kegiatan yang dilaksanakan di Pendopo Lir-Ilir tersebut dihadiri oleh  Anggota  FKPT  Jawa Tengah Syamsul Huda SSos MSi, Kepala Desa Malon Mulyono SH, tokoh masyarakat, warga sekitar, anggota Duta Damai, dan mahasiswa Unnes.

Syamsul Huda mewakili FKPT Jateng menyambut baik kegiatan tersebut. Ia juga  mengingatkan pentingnya peran masyarakat dalam melawan paham radikalisme dan terorisme.  .

Kepala Desa Malon, Mulyono SH, mengapresiasi kegiatan tersebut dan bangga, karena desa yang dipimpinnya dipilih sebagai Desa Damai.

“Masyarakat akan semakin sadar perannya dalam mencegah paham radikalisme dan terorisme, masyarakat juga senang jika ada acara seperti ini. Karena memberikan pendidikan dan mengajarkan hal-hal yang positif” kata Mulyono.

Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional Semarang adalah komunitas anak-anak muda penyebar virus perdamaian yang dibentuk oleh BNPT. Melalui kerja sama dengan berbagai pihak, Duta Damai akan terus menjalankan misi perdamaian, serta menyemarakan Gerakan Damai baik dalam dunia maya maupun aktivitas sehari-hari untuk melawan paham radikalisme dan terorisme.

Tentang fkptjateng