Templates by BIGtheme NET
Rumah » Event » FKPT Jateng Siapkan Kegiatan Tahun 2017
Kepala BNPT Komjen (Pol) Suhardi Alius saat memberikan pengarahan kepada Peserta Rakernas FKPT  2017  di Hotel Sultan beberapa waktu lalu.
Kepala BNPT Komjen (Pol) Suhardi Alius saat memberikan pengarahan kepada Peserta Rakernas FKPT 2017 di Hotel Sultan beberapa waktu lalu.

FKPT Jateng Siapkan Kegiatan Tahun 2017

Kepala BNPT Komjen (Pol) Suhardi Alius saat memberikan pengarahan kepada Peserta Rakernas FKPT  2017  di Hotel Sultan beberapa waktu lalu.

Kepala BNPT Komjen (Pol) Suhardi Alius saat memberikan pengarahan kepada Peserta Rakernas FKPT 2017 di Hotel Sultan beberapa waktu lalu.

Menindaklanjut hasil  Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 32 Forum Koordinasi  Pencegahan  Terorisme  (FKPT) se-Indonsia akhir Pebruari  lalu, FKPT Jawa Tengah akan menggelar   lima  kegiatan  yang berorientasi pada pencegahan terorisme dan radikalisme di daerah. Kelima kegiatan yang merupakan amanat Rakernas  itu dijadwalkan akan berlangsung dari bulan Juni  hingga  Oktober 2017.

Ketua FKPT Jawa Tengah Dr H.  Najahan  Musyafak MA mengatakan  kelima bidang itu masing-masing bidang Penelitian dan Pengembangan yang  akan mengkaji tentang daya tangkal masyarakat Jawa Tengah terhadap gerakan  terorisme dan radikalisme. “Untuk  bidang ini jadwal yang ditentukan dari BNPT  adalah tanggal 13-14 Juni, namun kami sudah melakukan langkah-langkah persiapan  awal Maret lalu “kata Najahan  yang juga dosen UIN Walisongo Semarang  kemarin  di Semarang.

Untuk  Bidang  Agama, Pendidikan dan  Dakwah  akan dilaksanakan pada  12-14 September  mengusung tema Dialog Pelibatan Mahasiswa dan Generasi  Muda dalam PencegahanTerorisne dan Radikalisme.  Bidang Ekonomi, Sosilal, Budaya, dan  Hukum  akan digelar pada 27 – 29 September dan    mengusung tema  Dialog  Pelibatan Seniman dan Budayawan dalam Mencegah dan Menangkah Terorisme. Bidang Permberdayaan Media Massa, Humas dan Sosialisasi  akan menyelenggarakan Lomba Karya Tulis  Jurnalistik  dengan tema Kearifan Lokal Cegah Paham Radikalisme dan Terorisme.  Selain itu Bidang Media juga akan menyelenggarakan  Literasi Media  dan Visit Media  pada 3 – 6 Oktober.

Sedangkan    Bidang Pemuda, Mahasiswa dan Perempuan kegiatannya dijadwalkan   akan digelar pada 24 – 27 Oktober  dengan mengusung tema Pelibatan Kaum Perempuan dalam Mencegah dan Menangkal   Terorisme  dan Radikalisme  . Di luar lima kegiatan yang menjadi amanat Rakernas, FKPT Jateng juga menjalankan kegiatan-keegiatan yang bersifat partisipatif dan inistiatif dengan memanfaatkan mitra kerja dan potensi-potensi lokal  yang  memiliki  kepedulian dalam melakukan pencegahan terorisme dan radikalisme.

Para pihak yang menjadi mitra FKPT Jateng itu diantaranya  kalangan perguruan tinggi negeri maupun swasta, ormas, organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, Kesbangpol  Provinsi Jawa Tengah, Kesbangpol Kabupaten/Kota se- Jawa Tengah,  organisasi profesi, tokoh masyarakat, dan sebagainya.

Kemitraan yang berhasil digalang  FKPT Jateng  selama ini menandakan bahwa FKPT sebagai mitra BNPT, keberadaan dan fungsinya mulai dipahami dan dimengerti oleh masyarakat Jawa Tengah. Dan yang sangat menggembirakan  gerakan pencegahan radikalisme dan terorisme  mulai tumbuh secara massif di Jawa Tengah. Terorisme dan radikalisme tidak lagi ditakuti tetapi sebaliknya dilawan secara bersama-sama. (Syamsul Huda)

Tentang fkptjateng