Templates by BIGtheme NET
Rumah » Event » BNPT Gelar Lomba Video Pendek Berhadiah Puluhan Jutaan Rupiah
lomba video revisi JPG

BNPT Gelar Lomba Video Pendek Berhadiah Puluhan Jutaan Rupiah

lomba video revisi JPGGenerasi muda adalah harapan bangsa, karena di pundak generasi mudalah estafet kepemimpinan masa depan akan berlanjut. Karenanya generasi muda terutama para pelajar harus dijauhkan dari paham radikalisme.

Sikap kritis terhadap kemungkinan kaderisasi gerakan radikalisme yang terjadi di kalangan generasi muda perlu ditumbuhkan. Hal ini untuk mencegah meluasnya gerakan teroris yang kini banyak menyasar generasi muda.

Hasil penelitian Lembaga Kajian Islam dan Perdamaian (LaKIP) Tahun 2011 tentang radikalisme di kalangan pelajar menyebutkan hampir 50 persen pelajar menyetujui tindakan radikal atas nama agama. 

Beberapa pengamat terorisme dan intelijen melihat kaum muda tersebut sebagai benih-benih pemikiran yang bisa mengarah kepada tindakan terorisme. Untuk itu, ternyata peran-peran penting dari pendidikan tersebut di Indonesia ternyata menjadi jalan pula untuk masuknya paham-paham keagamaan yang radikal dan mengarah pada upaya atau paham terorisme.

Saat ini dibutuhkan suatu upaya untuk mencegah semakin merebaknya radikalisme di kalangan masyarakat pendidikan umum di Indonesia. Berbagai macam program dibutuhkan secara umum untuk mengatasi permasalahan ini dan secara khusus program pencegahan penyebaran radikalisme di lembaga pendidikan umum. Upaya-upaya tersebut secara umum dapat berupa pelibatan siswa dan guru dalam upaya pencegahan penyebaran radikalisme terorisme yang diikuti pula dengan kaderisasi seluruh elemen sekolah untuk melindungi diri dari paham-paham ini.

Untuk itu  Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) se-Indonesia mengadakan lomba pembuatan video pendek bagi pelajar pendidikan menengah  dan sederajat.

Dengan dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat pendidikan menengah khususnya para pelajarnya, diharapkan dapat semakin menumbuhkan kesadaran akan pentingnya untuk menjaga kedamaian dan keutuhan NKRI dari pengaruh radikal terorisme. Info lengkap tentang lomba dapat didownload di sini. Poster lomba bisa didownload di sini.

Tentang fkptjateng