Templates by BIGtheme NET
Rumah » Tak Berkategori » BNPT dan FKPT Jateng Gelar Dialog Pencegahan Terorisme
Dialog-Pencegahan-Terorisme

BNPT dan FKPT Jateng Gelar Dialog Pencegahan Terorisme

SEMARANG, suaramerdeka.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jateng menggelar acara Focus Dicussion. Acara yang berlangsung di Kunthi Room Hotel Siliwangi Semarang dan berlangsung hari Selasa (9/9), mengambil tema “Dialog Pencegahan Terorisme”.

Tampil sebagai pembicara Doktor Teddy Kholiludin Mag dari LSM Elsa. Serta bertindak sebagai moderator KH Gus Badawi Bashir dari FKPT bidang keagamaan.

Melalui paparannya, Teddy menjelaskan tentang akar ideologi radikal di Indonesia itu muncul dari berbagai arah. Termasuk soal metode gerakannya.  “Kelompok – kelompok konservatif dalam masing-masing agama itu ada. Tetapi tidak semua bersifat destruktif,” kata Teddy.

Menanggapi mencuatnya ekstremis yang berasal dari golongan non-agama, Teddy mengatakan, bahwa dia berbicara berdasarkan konteks yang berkembang.  “Jadi saya tegaskan lagi, bahwa saya katakan tidak sebatas pada kelompok agama, tetapi juga kelompok-kelompok lain. Contoh kelompok-kelompok eksklusif yang merasa paling suci, macam Husemunim di India. Juga menyangkut kelompok fundamental yang bersifat radikal,” tambahnya.

Lebih lanjut Teddy menambahkan, bahwa setiap agama akan muncul eksklusivitas yang berpotensi sebagai radikalisme.  “Bahkan mungkin bisa berujung menjadi terorisme. Guna memberantas terorisme, bukan sekedar tugas aparat macam Densus 88. Tetapi juga tugas kita bersama. Memang dalam sebuah agama, nasionalisme dianggap sebagai hal yang bertentangan. Nah, ini menjadi tugas tokoh-tokoh agama untuk menjelaskan secara bersahabat bahwa nasionalisme seperti Pancasila adalah refleksi dari keimanan agama,” tandasnya.

Tentang acara diskusi ini, Syamsul Huda mewakili penyelenggara mengatakan, bahwa FKPT sebagai bagian pengemban tugas mencegah terorisme.  “Jadi lebih condong ke mencegah, bukan bertindak. Salah satu upaya mencegah, adalah dengan menggelar kegiatan forum diskusi semacam ini,” kata Syamsul Huda.

Tentang admin

Kemampuan saya mencari sumber berita yang aktual, memukau dan dapat dipercaya kredibilitasnya, membuat saya bergabung dengan JalanDamai ini. Saya memberikan informasi yang independen dan konsisten dengan Perjuangan.